Bahan-Bahan Untuk Kosmetik

Bagi kalian yang ingin menjadi produsen kosmetik indonesia, hal pertama yang bisa dilakukan adalah riset. karena tidak semua bahan dapat dicampur menjadi sebuah kosmetik.

Bagi kalian yang ingin menjadi produsen kosmetik indonesia, hal pertama yang bisa dilakukan adalah riset

Bagi kalian yang ingin menjadi produsen kosmetik indonesia, hal pertama yang bisa dilakukan adalah riset. Seperti riset bahan untuk kosmetik kalian, karena tidak semua bahan dapat dicampur menjadi sebuah kosmetik.

Bahan Berbahaya bagi Kosmetik

Dibawah ini adalah beberapa bahan berbahaya yang lebih baik kalian hindari untuk campuran kosmetik kalian:

  1. Phthalates

Sebenarnya bahan pertama ini sudah banyak ditemui misal cat kuku serta lotion. Tapi, menurut penelitian di sekolah kesehatan Harvard, bahan ini dapat memberikan efek buruk bagi pemakainya. Seperti kerusakan DNA pada sperma dan sel-sel lain dalam tubuh. 

2. Paraben

Bahan ini biasa digunakan untuk bahan pengawetan suatu produk, seperti pelembab, sampo serta produk cukur. Alasannya karena disebut sebagai penyebab kanker payudara serta dapat mengganggu kesehatan reproduksi.

Tapi disebutkan juga jika paraben dapat ditemukan di bahan alami seperti lobak dan blueberry. Maka dari itu, sampai sekarang paraben masih dipertanyakan keamanannya.

3. Triclosan

Bahan ini juga biasanya ditemukan di pasta gigi serta deodoran dan terbukti ampuh menangani masalah gingivitis. Tapi penelitian mengatakan jika Triclosan juga dapat mengganggu sistem hormonnya manusia. Makanya, lebih baik menghindari bahan ini terutama jika sedang perawatan kesehatan.

4. Sodium Lauryl Sulfate (SLS)

Yang satu ini merupakan bahan sejenis deterjen dan sering dicampur nagi bahan perawatan tubuh. Tapi memang bahan ini tidak dilarang, hanya saja janganlah memakainya secara berlebihan, karena dapat mengakibatkan peradangan kulit. 

Bahan Bagus bagi Kosmetik

Setelah bahan yang berbahaya bagi kosmetik, di bawah ini adalah beberapa bahan yang bagus dan cocok untuk kosmetik kalian,

  1. Jojoba Oil

Bahan pertama ini sudah cukup terkenal dikalangan penyuka kosmetik sejak lama. Selain itu, bahan satu ini juga tidak mengandung racun, juga bahannya dapat melembabkan, ringan, dan cocok untuk berbagai jenis kulit.

2. Avocado Oil

Seperti namanya, minyak ini terbuat dari ekstrak buah alpukat sendiri. Bahan ini sangat bagus untuk kulit karena terdapat lemak alami dan vitamin b yang dapat menghidrasi serta mengembalikan kekenyalan kulit. 

3. Lidah Buaya

Siapa tidak mengenal bahan alami yang satu ini? Selain bagus untuk rambut, lidah buaya cocok untuk dimasukan ke dalam bahan kosmetik kalian. Bahan ini mengandung 72 zat yang dapat meregenerasi sel kulit dan melembabkan kulit tubuh kalian.

4. Camellia Oil

Yang satu ini juga termasuk minyak alami yang bagus untuk kulit kalian. Bahan yang didapat dari minyak bunga Camellia ini mengandung omega 3, 6, dan 9 serta memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah dapat menjaga kekenyalan dan kelembapan kulit, mengatasi peradangan sampai mengatasi garis-garis halus dan noda diwajah kalian. 

Saking banyaknya bahan yang harus dihindari dan bahan yang boleh dipakai membuat kalian harus berhati-hati ketika ingin menjadi produsen kosmetik Indonesia  dan meracik produk sendiri agar tidak merusak wajah pembeli kalian dan membuat kecewa mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *